Selasa, 02 Maret 2010

imtihan

Jadi ingat masa ujian deh. Sekarang kan lagi musim hujan. Udah hujan tiap hari, dingin, angin, bahkan kodok pun ikut meramaikan masa-masa ujian kemarin.
Pas lagi ujian lisan, Dee paling suka belajar di depan kamar wali kelas barengan sama Patoer. Anget sih. Juga nggak kena hujan. Setelah itu Dee terusin belajar di depan maskan.
Kalau ujian tulis, Dee lebih nempel sama maskan. Tapi kalau lagi nggak boleh depan maskan, Dee belajar samping kolam ikan Somal atau di janib maskan Yaman.
Pernah suatu hari, yang dilanjutkan beberapa hari kemudian, dan seterusnya, ada keroppi alias kodok yang lompat dari kolam. Dee sama Sarah yang jelas duduk di sana juga ikutan lompat saking kagetnya. Yang lain juga ikutan kaget liat Dee kaget dan teriak.
Belajar di sana enak sih, bisa konsen. Tapi buyar juga kalau para keroppi itu mulai paduan suara nyanyi ‘Oh Pondokku’.
Dan yang paling seru kalau lagi masanya ujian itu pas malamnya. Absent marhalah! Di bunderan HI. Awal-awalnya sih di lapangan merah bareng sama taksifi. Tapi nggak seru. Dee sama Ata’ paling suka ngikutin gaya Huda ngomong. Misalnya, huda ngingetin apppah gituh, kita ngikutin aja. apalagi gaya Huda yang kayak anak kecil. Nah, kita paling suka kalau Huda lagi ngucapin “Madza syi’aruna?” dengan nasyat kita teriak sekalian izalatu-n-nu’as. “Bi-l-ma’iyyati fi-s-sanah ar-robi’ah nahsulu ‘ala najahin bahirin. Allahu akbar!!!” habis itu pada bubaran deh. Kayaknya nggak afdhol kalau bubar tanpa menyerukan syi’ar. Makanya, syi’ar itu di akhir, biar seru.
Buat jadwal ujian tulis, Dee usung tema sponsor film ‘Ay-yamu-l-harbi ghozwatu-s-sanah ar-robi’ah’. Gambarnya kita lagi pada mau absent. Banyak yang nggak ngerti sih. Dee sendiri juga nggak sreg. Habis, kalau dilihat nggak jelas gituh. Nggak tahu gambar Dee yang lagi mood jelek atau hasil foto copyannya. Yang jelas, Dee nggak sreg ajah. Tapi, pas ujian tinggal sehari lagi, banyak yang nyeletuk gini ke Dee. “Yom, sehari lagi nih nonton filmnya.” Dee Cuma nyengir. Iya ya, film Ay-yamu-l-harbinya tinggal sehari lagi tayang.
Ujian otomatis bikin waktu kita sama anak fasl jadi berkurang. Tapi di balik semua itu, kita jadi lebih tahu gimana kemampuan kita. Inget, pas ujian tulis ada salah satu hari yang bener-bener Dee takutin banget. Nggak masalah pelajarannya, tapi Dee nggak kuat buat belajar gara-gara diselipin sama masalah yang bikin hati ini nggak tenang.
dan itu semua lewat. Semuanya udah berlalu dan Dee udah liburan di rumah. Nggak mikirin lagi gimana akhirnya. The important I’ve do the best I can do. Now, I don’t think about mark or anything else about it. I just wanna enjoy my vocation by something fresh can I think.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar